Perbedaan Antara Ilmu Sosial Dasar (ISD) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

A. PENGERTIAN
Ilmu Sosial Dasar (social science) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia.
Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu.
Ilmu Pengetahuan Sosial (social studies) merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama. Pendidkan IPS merupakan padanan dari social studies dalam konteks kurikulum di Amerika Serikat. Istilah tersebut pertama kali digunakan di AS pada tahun 1913 mengadopsi nama lembaga Social Studies yang mengembangkan kurikulum di AS.
B. TUJUAN
– Tujuan umum mata kuliah Ilmu Sosial Dasar :
Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.
– Tujuan khusus mata kuliah Ilmu Sosial Dasar :
1. Mahasiswa memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
2. Mahasiswa peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
3. Mahasiswa menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya)
4. Mahasiswa memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam angka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
– Tujuan umum pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial :
Pada dasarnya Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya, serta berbagai bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
– Tujuan khusus pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial :
1. Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat
2. Agar peserta didik memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi
3. Menjadikan peserta didik terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat
C. BENTUK
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu sosial yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memilki objek dan metode ilmiah tersendiri, juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial lainnya.
– Berbeda dengan disiplin ilmu lain yang bersifat monolitik, Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Rumusan Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan realitas dan fenomena sosial melalui pendekatan interdisipliner.
D. TARGET
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pekerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan atau pengerjaan, dimana di Indonesia, ilmu sosial dasar diberikan di jenjang perguruan tinggi.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik dimulai dari jenjang SD hingga SMA berdasarkan kurikulum yang diberikan oleh pemerintah.

SUMBER :
http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/03/12/karakteristik-mata-pelajaran-ilmu-pengetahuan-sosial-ips/
http://www.ariefsz.blogspot.com.es/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html?m=1
http://www.dharmasudiartha.wordpress.com/2012/12/30/ilmu-sosial-dasar
http://www/prabowo-womanizer.blogspot.com.es/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html?m=1

Advertisements
Perbedaan Antara Ilmu Sosial Dasar (ISD) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s