Santapan Si Kaya vs Si Miskin Dari Belahan Dunia

Fotografer Henry Hargraves memulai seri fotografi ini dengan memotret makanan yang dimakan diktator dalam sejarah. Meski begitu, dengan cepat tujuan mereka berubah ketika melihat persamaan signifikan antara masa lalu dan sekarang. Hal itu memperjelas bagaimana pemimpin otoriter memerintah sepanjang sejarah dengan menjadikan makanan sebagai senjata, secara sistematis menekan, mendiamkan, dan membunuh rakyat melalui kelaparan.

Korea Utara

poor-rich-meals-01_2

poor-rich-meals-02_2

Diktator Korea Utara Kim Jong Un menyantap bertumpuk makanan, desserts dan keju Emmental yang diketahui sebagai favoritnya (atas). Sementara lebih dari seperempat total anak di Korea Utara harus menderita malnutrisi kronis karena makanan yang lebih dari kurang.

Amerika Utara

poor-rich-meals-03 poor-rich-meals-04

Di Amerika Serikat, ketika ‘kesenjangan pangan’ mungkin jarang terdengar, satu di antara enam dalam populasi hidup di bawah garis kemiskinan menurut data sensus terakhir. Gambar di atas adalah makanan untuk kaum kaya, sedangkan yang di bawah, makanan murah yang tidak sehat untuk penduduk miskin. Dan ironisnya, makanan paling murah yang dimakan orang miskin seringkali berakibat pada obesitas, bukan kelaparan.

Syria

poor-rich-meals-05 poor-rich-meals-06

Presiden Bashar Al-Assad dan istrinya disebut-sebut menyantap kombinasi hidangan Barat dan Timur Tengah (atas), ketika Assad memutuskan untuk membuat lapar rakyatnya hingga meninggal (bawah). “Karena Assad mengatakan dia tidak mau memberi makan pemberontak yang bersenjata, truk yang dipenuhi bantuan pangan sekarang terdiam di luar kota Homs yang terkepung oleh tentara, ketika banyak warga sipil yang tidak punya persediaan untuk berminggu-minggu,” katanya.

Perancis di Abad 18

poor-rich-meals-07

poor-rich-meals-08

Sebelum revolusi tahun 1789, masyarakat miskin atau ‘sans-culottes’ biasanya menghabiskan lebih dari setengah penghasilan mereka pada makanan agar bisa bertahan hidup. Petani yang tidak mahir di tahun 1789 bisa diperkirakan menghabiskan 97 persen dari upahnya untuk membeli roti karena kurangnya hasil panen, menurut sejarawan Gregory Stephen Brown. Sementara itu, petinggi monarki seperti Ratu Marie-Antoinette makan malam dengan hidangan mewah termasuk manisan, sampanye, dan kue-kue Perancis.

Romawi Kuno

poor-rich-meals-09 poor-rich-meals-10

Untuk masyarakat Romawi kuno, yang teratas dari periode historis masih dikenal karena mewahnya hidangan berlebihan mereka. Laki laki atau perempuan biasa, di sisi lainnya, lebih sesuai dengan diet yang terdiri dari milet (sekelompok serealia yang memiliki bulir berukuran kecil) dan kemungkinan anggur.

Mesir Kuno

poor-rich-meals-11

poor-rich-meals-12

Pemimpin dan monarki Mesir Kuno juga menikmati berbagai variasi makanan yang lebih kaya, saat masyarakat miskin harus cukup dengan roti sederhana dan sayuran (bawah).

They always say, history repeats itself.

Diterjemahkan dari :

http://www.unmotivating.com/meals-of-the-rich-vs-very-poor-around-the-world/

Advertisements
Santapan Si Kaya vs Si Miskin Dari Belahan Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s