Internet dan New Media

Istilah New Media mungkin terdengar agak asing, meski penggunaannya telah menjamur di berbagai belahan dunia, terutama setelah smartphone diluncurkan. New Media biasanya mengacu pada konten yang terdapat di intenet, bisa diakses melalui peralatan digital apapun, biasanya mengandung unsur interaktif dimana pengguna dapat memberikan timbal balik dan berpartisipasi secara kreatif. Contoh dari New Media termasuk situs-situs online seperti koran online, blog, wiki, video game, dan media sosial.

Karakteristik New Media adalah dialog. Konten New Media ditransmit melalui koneksi dan percakapan. Hal tersebut membuat orang-orang di belahan dunia dapat berbagi, berkomentar, dan mendiskusikan berbagai macam topik.

image

Contoh New Media yang populer adalah Tumblr. Tumblr merupakan situs jejaring sosial yang mengambil platform mikro blog, sama seperti Twitter, Facebook, Google+, dan lain-lain. Tumblr didirikan pada Februari 2007 oleh David Karp, dan sekarang dimiliki oleh Yahoo!Inc. Pengguna dapat membuat blog pribadi di bawah domain Tumblr dan mengikuti blog pengguna lain, serta mengikuti postingan terbaru dari staf situs Tumblr dan pengguna lainnya di dashboard.

Berikut merupakan fitur-fitur yang terdapat di Tumblr :

– Dashboard : semacam timeline yang menampilkan postingan terbaru dari blog yang diikuti. Melalui dashboard, pengguna dapat berkomentar, me-reblog, dan menyukai posting dari blog lain yang muncul di dashboard pengguna. Meski berkomentar, postingan asli tanpa komentar juga akan tetap ada. Sedangkan reblog berarti membagikan posting tersebut ke blog sendiri namun sumbernya masih tetap tertera. Pengguna bisa meng-upload postingan berupa teks, gambar, video, quotes, atau links ke blog mereka dengan menekan tombol yang terdapat di sudut atas dashboard. Pengguna juga bisa menghubungkan blog mereka ke akun Twitter dan Facebook, sehingga kapan pun mereka membuat postingan, maka informasi tersebut akan terkirim sebagai tweet dan status update.

– Queue : pengguna bisa menentukan jadwal untuk menunda posting yang mereka buat.  Mereka bisa menahan posting tersebut berjam-jam bahkan berhari-hari.

– Tags : untuk setiap posting yang pengguna buat, mereka dapat menggunakan tag agar membantu pengunjung mencari posting dengan topik yang diinginkan.

– HTML Editing : Tumblr mengijinkan penggunanya untuk mengubah tema blog menggunakan kodingan HTML agar mempercantik tampilan blog mereka. Pengguna juga dapat menggunakan nama domain sendiri.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/tumblr

https://en.wikipedia.org/new_media

Advertisements
Internet dan New Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s