SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI

SKRIPSI

Judul Skripsi :

Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik

Identitas Penulis :

Irmawati Dwi Fibrianti

Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro, Semarang

Abstrak :

Manfaat Penelitian :

1. Manfaat Teoritis

Untuk memberikan sumbangan ilmiah dalam pengembangan, dan menjadi bahan pertimbangan antisipatif.

2. Manfaat Praktis

Untuk dapat membantu mengetahui dan menjadi bahan pertimbangan antisipatif

Metode Penlitian :

Metode Penilitan Survey

Penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetap data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian­kejadian relatif, distribusi, dan hubungan­hubungan antar variable. Contoh: penelitian untuk mengungkapkan kecenderungan masyarakat dalam memilih pemimpin nasional dan daerah, kualitas SDM masyarakat Indonesia.

Hasil Penelitian :

Kuantitatif

Sistematika Penulisan :

Bagian awal :

Halaman judul

Halaman pengesahan

Halaman persembahan

Halaman motto

Ucapan terima kasih

Daftar isi

Daftar gambar

Daftar lampiran

Abstrak

Bagian isi :

Bab i: pendahuluan

Bab ii: landasan teori

Bab iii: metode penelitian

Bab iv : pelaksanaan dan hasil penelitian

Bab v : penutup

Bagian akhir :

Daftar pustaka

Lampiran

TESIS

Judul Tesis :

Pembelejaran Inkuiri dengan Menggunakan “Media Analisis Ruang” pada Pokok Bahasan Vektor

Identitas Penulis :

Kusmana

NIM 400 150 6029

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Semarang

Abstrak :

Kusmana. 2008. Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan ”Media Analisis Ruang” Pada Pokok Bahasan Vektor. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.  Pembimbing: I. Dr. Ahmad Sopyan. M.Pd. II. Dr. Sugianto. M.Si

Vektor adalah salah satu konsep yang dianggap sebagai pengetahuan dasar untuk mempelajari pokok bahasan lain dalam fisika. Berdasarkan definisinya, vektor merupakan suatu besaran yang memiliki nilai dan arah. Dengan menggunakan konsep vektor banyak kaidah-kaidah fisika yang dapat dinyatakan secara padat dan penurunan kaidahnyapun menjadi lebih sederhana. Lemahnya penerapan konsep vektor dipandang sebagai salah satu penyebab sulitnya fisika untuk dipelajari dan dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi kekurangan tersebut pembelajaran vektor dipandang perlu untuk lebih dimaksimalkan.

Vektor termasuk konsep abstrak yang unik, maka untuk mengoperasikannya diperlukan cara yang khusus. Karena memiliki sifat yang khas, penerapan konsep vektor dilakukan melalui eksperimen dengan metode inkuiri menggunakan media. Media yang digunakan dalam penerapan konsep vektor adalah Media Analisis Ruang (MAR). Media ini terdiri dari tiga jenis yatu MAR I, MAR II, dan MAR III. Penerapan konsep vektor dilakukan melalui eksperimen dengan tujuan, agar konsep yang dipelajari oleh siswa mudah dipahami, dimengerti, dan lama tersimpan dalam ingatan siswa. Aspek yang diamati dalam penerapan konsep vektor adalah motivasi, aktivitas dan hasil belajar.

Penerapan konsep vektor telah dilakukan dengan menggunakan media MAR melalui eksperimen. Berdasarkan data uji statistik yang diperoleh dari hasil pembelajaran menunjukkan adanya pengaruh yang positif. Pembelajaran dengan menggunakan MAR dapat membuat motivasi siswa mengalami peningkatan sebesar 56 %, hasil belajar siswa di kelas eksperimen mencapai ketuntasan minimal, hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan siswa di kelas kontrol, motivasi dan aktivitas memiliki kontribusi 65,6 % terhadap hasil belajar.

Manfaat Penelitian :

1. Manfaat Teoritis

Dapat menambah pengetahuan dan wawasan

2. Manfaat Praktis

Untuk umpan balik dari hasil penelitian diharapkan dapat menyempurnakan pembelajaran.

Metode Penelitian :

Metode Eksperimental

Eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Tredapat empat bentuk metode eksperimen yaitu pre experimental, true experimental, factorial, dan quai experimental. Contoh: penelitian penerapan metode kerja baru terhadap produktifitas kerja, penelitian pengaruh mobil berpenumpang tiga terhadap kemacetan lalu lintas.

Hasil Penlitian :

Kuantitatif

Sistematika Penulisan :

Bagian awal :

Judul tesis

Persetujuan pembimbing

Pengesahan pelulusan

Pernyataan

Motto dan persembahan

Kata pengantar

Abstrak

Abstract

Daftar isi

Daptar gambar

Daptar tabel

Daptar lampiran

Bagian isi :

Bab i : pendahuluan

Bab ii : kajian pustaka

Bab iii : metode penelitian

Bab iv : hasil dan pembahasan

Bab v : simpulan dan saran

Bagian akhir :

Daftar pustaka

Lampiran

DISERTASI

Judul Disertasi :

Pertanggungjawaban Komando (Command Responsibility) dalam Pelanggaran HAM Berat (Studi Kasus Kejahatan Terhadap Kemanusiaan di Indonesia)

Identitas Penulis :

Joko Setiyono

NIM: B5A003012

Program Pascasarjana Doktor Ilmu Hukum

Universitas Diponegoro

Semarang

Abstrak :

Penegakkan hukum atas pelanggaran HAM berat kategori kejahatan terhadap kemanusiaan berdasarkan prinsip pertanggungjawaban komando, tidak hanya merupakan urusan domestik dari suatu negara, namun telah menjadi concern “masyarakat internasional” untuk memutus mata rantai praktik impunity.

Permasalahan yang relevan untuk dikaji lebih lanjut dalam disertasi ini adalah (1). Urgensi pemerintah Indonesia membuat UU No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM sebagai dasar hukum penuntutan pertanggungjawaban pidana komandan atau atasan dalam pelanggaran HAM yang berat kategori kejahatan terhadap kemanusiaan; (2). Bagaimana penerapan prinsip pertanggungjawaban pidana komandan atau atasan dalam pelanggaran HAM berat kategori kejahatan terhadap kemanusiaan pada peradilan HAM di Indonesia pada khususnya maupun peradilan (HAM) internasional pada umumnya.

Penelitian dalam disertasi ini merupakan penelitian doktrinal, dengan menggunakan metode pendekatan yang bersifat yuridis normatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan dokumenter terhadap bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder yang terkait dengan

substansi disertasi. Setelah dilakukan proses identifikasi dan klasifikasi, dilakukan analisis kualitatif atas data-data tersebut.

Hasil penelitian dan pembahasan terhadap permasalahan pertama di atas, dapat disimpulkan bahwa pertanggungjawaban negara atas pelanggaran HAM berat sangat terkait dengan hak suatu negara untuk melaksanakan yurisdiksi dalam batas wilayahnya. Urgensi pemerintah membuat UU No. 26 tahun 2000 tentang pengadilan HAM antara lain adalah : sebagai antisipasi pembentukan peradilan

internasional sebagaimana pernah dilakukan PBB di Yugoslavia maupun Rwanda; mengisi kekosongan peraturan hukum.

Hasil penelitian dan pembahasan permasalahan kedua, dapat disimpulkan bahwa di Indonesia, para pelaku pelanggaran HAM berat kategori kejahatan terhadap kemanusiaan yang dituntut berdasarkan prinsip pertanggungjawaban komando telah diputus bebas dengan alasan para pelaku bukan bawahan para terdakwa; para terdakwa tidak mempunyai hubungan hierarki garis komando dan pengendalian yang efektif terhadap para pelaku yang bukan anak buah atau bawahannya.

Pertanggungjawaban komando atas pelanggaran HAM berat kategori kejahatan terhadap kemanusiaan telah dipraktikan oleh lembaga peradilan internasional, mulai dari Nuremberg Trial di Jerman, Tokyo Tribunal di Jepang, ICTY di Yugoslavia dan ICTR di Rwanda. Unsur pokok pertanggungjawaban komando adalah adanya hubungan subordinasi antara komandan atau atasan dengan bawahannya; adanya pengetahuan komandan atau atasan bahwa anak buahnya akan, sedang atau telah melakukan pelanggaran; komandan atau atasan dengan kekuasaan yang dimilikinya gagal melakukan pencegahan atau menghentikan atau menindak dan menyerahkan pelaku kepada yang berwajib.

Kata kunci : Tanggung Jawab Komando, Pelanggaran HAM berat, Peradilan HAM

Manfaat Penelitian :

1. Manfaat Teoritis

Memberikan sumbangan pemikiran akademis atau teoritis terhadap upaya pengkajian, penelaahan dan pengembangan terhadap ilmu

2. Manfaat Praktis

Sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan suatu masalah.

Metode Penelitian :

Metode Policy Research (penelitian kebijaksanaan)

Policy research (penelitian kebijaksanaan) adalah suatu proses penelitian yang dilakukaan pada, atau analisis terhadap masalah­masalah social yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak dalam menyelesaikan masalah. Contoh: penelitian untuk membuat undang­undang atau peraturan tertentu, penelitian untuk pengembangan struktur organisasi.

Hasil Penelitian :

KualitatifSistematika Penulisan :

Bagian awal :

Halaman judul

Halaman pengesahan halaman pernyataan

Abstrak abstract

Ringkasan

The summary

Kata pengantar

Daftar istilah (glosarium)

Daftar singkatan daftar indeks

Daftar isi

Bagian isi :

Bab i : pendahuluan

Bab ii : telaah pustaka dan pengembangan model

Bab iii : metode penelitian

Bab iv : analisis data

Bab v : pembahasan dan temuan penelitian

Bab vi : kesimpulan dan implikasi penelitian

Bagian akhir :

Daftar pustaka

 

Advertisements
SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s